Akhir-akhir ini, saya mulai belajar bagaimana mengatur berbagai aktifitas yang saya miliki, termasuk membangun kebiasaan positif dalam hidup saya.

Untuk melakukan hal tersebut, saya pun mulai mengumpulkan berbagai bahan bacaan serta jurnal yang memang benar-benar memiliki kredibilitas yang bagus untuk menjelaskan hal itu.

Dan kali ini, saya akan sedikit membagikan apa yang saya pelajari kepada Anda, tentang bagaimana cara mudah untuk menghentikan kebiasaan menunda dalam 2 menit.

Hal ini sangat kita perlukan, karena memang tanpa kita sadari pekerjaan atau tugas yang kita miliki dalam kehidupan sehari-harinya sungguh tidak bisa dikendalikan datangnya. Ketika satu pekerjaan selesai, pekerjaan lainnya pun datang bersamaan dalam jumlah yang begitu banyak.

Ketika kita mulai lengah untuk mengatur skala prioritas dalam mengatur pekerjaan mana yang harus di kerjakan terlebih dahulu, kita selanjutnya juga akan menghadapi rasa jenuh dengan semua hal menyebalkan itu.Dan pikiran stres pun akan menghampiri kita.

Tapi tentu saja, kita pun tak bisa menolak semua pekerjaan itu karena bagaimanapun uang datang dari hal tersebut. Benar bukan?

Dan inilah aturan 2 menit itu . .

Bagian 1 – Jika Hal Itu Dikerjakan Kurang Dari 2 Menit, lakukan sekarang.

Bagian ini saya dapatkan dari membaca buku yang ditulis oleh David Allen dalam bukunya “Getting Things Done“.

Satu hal yang menarik bagi saya disebutkan oleh Allen adalah, bahwa kita sering sekali menunda atau bahkan mengabaikan hal atau pekerjaan yang bisa kita lakukan bahkan kurang dari dua menit.

Misalnya saja mencuci piring setelah makan, membalas email yang hanya membutuhkan respon konfirmasi, atau bahkan hanya untuk mem-publish artikel yang sudah dikirim oleh kontributor.

Kita memang sangat mencintai kesempurnaan, sampai kadang membuat kita sangat butuh menghabiskan banyak waktu bahkan untuk pekerjaan yang hanya membutuhkan waktu singkat.

Mulai sekarang, buat yang mudah tetap mudah di kerjakan. Dan buat yang sulit, juga tetap mudah di kerjakan. Itu bukan tentang kesempurnaan, tapi tentang bagaimana kita mencoba membuat hidup kita lebih sederhana, dengan tidak mengabaikannya namun mencoba memberikan perhatian dengan menyelesaikannya ketika dia butuh untuk diselesaikan dengan cepat.

Bagian 2 – Memulai Kebiasaan Baru, Lakukan Dalam 2 Menit

Banyak orang berkata bahwa sukses itu bukan ditentukan seberapa keras Anda berusaha untuk mewujudkannya. Jika banyak orang Indonesia menjadikan KKN sebagai solusi dalam menjemput kesuksesan, tentu saja Anda tahu bahwa hal seperti itu bukan barang murah dan tidak dapat bertahan lama.

Salah satu penulis yang cukup fokus membahas tentang cara menuju kesuksesan, yaitu James Clear, sangat sering menekankan bahwa sukses ditentukan dari kebiasaan yang dibangun dengan penuh komitmen.

Nah, jika Anda ingin memiliki sebuah kebiasaan baru sebagai langkah awal Anda untuk meraih kesuksesan yang ingin Anda raih, Anda seharusnya mulai untuk membangun sebuah kebiasaan baru yang menurut Anda itu dapat mengantarkan Anda menuju kesuksesan.

Kesuksesan yang saya maksud disini sangat berarti luas, bukan hanya tentang pekerjaan, namun juga obsesi atau keinginan yang ingin Anda dapatkan.

Misalnya saja, ketika Anda ingin sehat, tak perlu memikirkan tentang sepatu Nike atau Adidas yang belum Anda miliki. Lakukan langkah mudah kurang dari dua menit, dengan mengambil sepatu olahraga yang Anda miliki, dan keluarlah dari rumah untuk mulai berjogging. Jika Anda mulai nyaman dengan jogging, maka lanjutkan hingga beberapa kilometer lagi.

Jika Anda ingin menjadi penulis, mulailah dengan menulis tentang hal yang Anda sukai, dan hal yang menurut Anda perlu Anda ceritakan. Tidak perlu memikirkan tentang kualitas dari tulisan yang ingin Anda samakan dengan penulis terkenal seperti Monica Anggen atau bahkan Tere Liye.

Karena mereka telah melewati fase 2 menit bahkan aktifitas menulisnya sudah melewati artikel 2 menit. Dan jika Anda sudah mulai merasa nyaman dengan aktifitas ini, maka teruskanlah menulis dan biarkan jari Anda mengalir dan hilangkan nafsu Anda dalam menginginkan kesempurnaan dengan mulai mengedit bahkan ketika dalam paragraf pertama.

Sampai disini mungkin Anda merasa, bahwa hal ini terlalu mudah atau bahkan terlalu sederhana untuk dilakukan. Itu karena, hal ini memang digunakan untuk menyelesaikan hal yang mudah dan juga yang tersulit.

Karena tentu saja, saya percaya Anda membaca artikel ini untuk mengetahui solusi dari permasalahan menunda yang Anda miliki. Jika dalam solusi yang saya berikan ini sulit, maka pasti Anda tidak akan membacanya hingga selesai bahkan untuk mempraktekannya pun Anda tidak mau, karena apa? Solusinya terlalu rumit.

Langkah 2 menit ini berlaku dengan satu alasan, yaitu fisika kehidupan nyata.

Mengenal Fisika Kehidupan Nyata

Seperti yang diajarkan oleh Isaac Newton pada kita, benda yang berhenti cenderung berhenti sedangkan benda yang bergerak akan tetap bergerak. Hal ini juga berlaku pada kehidupan manusia.

Aturan 2 menit ini berlaku pada sebuah pencapaian yang besar, begitu juga untuk pencapaian yang sederhana seperti ingin kurus bagi mereka yang memiliki ‘sedikit’ kelebihan berat badan.

Karena hal yang tersulit bagi seseorang, bukanlah melakukan hal tersebut. Tapi memulai sesuatu bahkan ketika mereka tahu bahwa hal tersebut benar-benar bermanfaat, dan meskipun sesungguhnya mereka memiliki kemampuan/kompetensi yang mumpuni untuk melakukan hal tersebut.

Tapi kebiasaan menunda, sungguh menjadi masalah utama kenapa penyesalan selalu datang ketika teguran dari bos dan ucapakan kekecewaan dari client pun berdatangan.

Lakukan Sekarang

Saya tidak bisa menjamin bahwa aturan 2 menit bisa berguna bagi Anda, tapi saya bisa jamin bahwa hal ini tidak bisa berguna jika Anda tidak pernah melakukannya.

Sebanyak apapun artikel yang Anda baca, sebanyak apapun video tutorial yang Anda tonton, dan bertumpuk-tumpuk buku yang Anda selesaikan tidak akan pernah berguna ketika Anda tidak pernah mempraktekkannya.

Dan saya ingin artikel ini menjadi lebih bermanfaat, ketika Anda dapat mempraktekkannya sekarang.

Hal apa yang bisa Anda lakukan bahkan dalam waktu kurang dari 2 menit? Lakukan itu sekarang.

Karena semua orang bisa menghabiskan 120 detiknya begitu saja tanpa melakukan apapun. Dan saya yakin, Anda dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk menjadi lebih produktif.

%d bloggers like this: