Dunia gadget itu memang tidak pernah mengenal kata berhenti. Hampir setiap detik, para ilmuan, developer dan desainer bekerja terus menerus untuk terus melahirkan teknologi baru, yang mana artinya adalah produk baru.

Di dunia, kita mengenal beberapa perangkat smartphone yang cukup populer, yakni Smartphone Android besutan Google, Iphone dari Apple, dan Blackberry. Namun untuk Blackberry sepertinya bisa dibilang sudah keluar ring pertandingan untuk saat ini. Dan mari kita bahas tentang Android dan Iphone.
Pada tulisan ini, sepenuhnya hanyalah aspek penilaian pribadi berdasarkan pengalaman sendiri.
Memiliki latar belakang bidang teknologi sejak duduk di bangku sekolah menengah kejuruan, sejujurnya membuat saya memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi tentang bagaimana sebuah gadget itu bekerja.
Mulai dari hardware, software dan segala jenis fitur haruslah saya pahami. Dan dalam membeli sebuah gadget, adalah hal pasti bagi saya untuk mengutamakan spefisikasi dan bukan merk atau brand.
Karena percuma saja sih membeli merk terkenal, tapi spesifikasi buntut. Itu akan sangat merugikan, karena kan yang kita pakai itu fungsi, bukan hanya soal nama produk.
Nama sih boleh merk terkenal, tapi kalau dalam performa malah bikin malu, ya buat apa sih yang begitu itu.
Jadi menurut saya, buat mereka yang membeli gadget karena alasan merk, maka sudah tentu dia adalah orang yang tidak mengerti tentang spesifikasi gadget. It’s simple.

Desain Tampilan dan Body Smartphone

Hal yang pertama menjadi pilihan bagi saya untuk menentukan gadget mana yang akan saya beli sudah pasti adalah soal desain.
Karena, desain gadget yang modern atau istilahnya ‘kekinian’ selalu bisa menaikkan image sang pemilik gadget bukan.
Urusan desain, Iphone nampaknya lebih unggul dari pada Android. Hal ini bukan hanya masalah desain tampilan UI/UX saja, tapi dari desain body pun juga bisa terbilang Iphone lebih eye-catching dari pada Android.

Perbaruan Sistem Operasi

Hal yang paling membedakan perangkat Iphone dengan yang lain dan paling menonjol adalah perbaruan sistem operasi. Jika sistem operasi memiliki aturan yang cukup rumit dalam update sistem operasinya, ini tidak akan Anda temukan jika menggunakan Iphone.

Di Iphone, ketika ada perbaruan sistem operasi, maka Anda akan langsung memperoleh pemberitahuan dan Anda pun dapat langsung menginstallnya tanpa perlu proses ini dan itu seperti pada perangkat lainnya.

Sistem Keamanan

Hal utama yang menjadi pertimbangan ketika membeli gadget sudah pasti adalah tentang sistem keamanan. Di dalam Iphone sendiri, terdapat begitu banyak sistem keamanan. Selain Touch ID, Face ID, Pin dan masih banyak lagi.

Dan juga, karena sifatnya yang close-source, Anda tidak dapat mengakses root dari Iphone yang biasanya bisa Anda lakukan di smartphone jenis lain.

Dimana hal tersebut biasanya merupakan celah keamanan yang dapat dengan mudah dimodifikasi oleh mereka yang tidak berkepentingan.

Kualitas Kamera

Seberapa bagus smartphone jenis lain, sampai kapan pun sepertinya tidak akan pernah ada yang menandingi kualitas kamera dari Iphone.

Entah karena perangkat jenis apa, hasil gambar yang diabadikan oleh kamera Iphone selalu tampil maksimal dan paling kece dari pada smartphone lainnya.

Service Center

Memang sih di Indonesia tidak akan ditemukan tempat service center resmi dari Apple untuk menangani produknya yang memiliki masalah.

Yang namanya barang pakai, pasti suatu saat akan mengalami kerusakan entah itu karena sengaja atau tidak sengaja kan.

Disitulah, pertimbangan keberadaan service center merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan ketika akan membeli gadget.

Nah, karena Apple tidak memiliki pusat reparasi resmi produk Apple di Indonesia untuk menangani permasalahan ini, kita bisa mempercayai unofficial service center Apple, salah satunya adalah iBenerin.

iBenerin adalah salah satu service center produk Apple di Jakarta yang sudah berdiri sejak Januari 2016. Sebelumnya, iBenerin sudah banyak membangun kerjasama dengan perusahaan untuk menangani device Apple namun akhirnya sang owner memilih untuk mengembangkan bisnisnya dengan membuka pelayanan kepada masyarakat umum.

Kelebihan yang dimiliki dibanding tempat service center yang lain sih, di iBenerin kita bisa dapatkan spare part terbaik di pasaran dengan harga yang terjangkau dan bergaransi.

Bukan hanya itu saja, iBenerin juga memberikan pelayanan pick up service, dan service di tempat untuk jenis kerusakan level 1 atau ringan, seperti ganti LCD, ganti baterai dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jadi menurut saya sebagai pengguna android, blackberry dan Iphone. Perangkat besutan Apple memiliki banyak kelebihan pada poin-point yang saya sebutkan diatas.

Meskipun memiliki kekurangan masalah service center, untuk urusan itu kita bisa mempercayakan kepada penyedia jasa perbaikan produk Apple di Jakarta.

Sebelum Anda Pergi

Saya menghabiskan banyak waktu untuk membuat sebuah konten yang dimulai dengan mencari ide dan membuat riset konten sejenis dan mengembangkannya sesuai daya analisa saya.

Jika menurut Anda tulisan saya ini bermanfaat, Anda dapat mendukung aktivitas saya dalam menciptakan konten bermanfaat dengan memberikan komentar pada kolom di bawah ini atau membagikan tulisan ini di media sosial milik Anda. Semoga Anda dapat berkunjung di lain kesempatan. Terima kasih.

%d bloggers like this: